berita informasi 'berita informasi|berita lucu|berita mendidik |berita inspiransi|berita bola'

Header Ads

berita informasi - Jokowi Rayakan Hari Lahir pancasila dengan upacara di Gedung pancasila

berita informasi - Jokowi Rayakan Hari Lahir pancasila dengan upacara di Gedung pancasila
Berita informasi - Presiden Joko widodo telah menetapkan tanggal 1 juni sebagai hari lahirnya pancasila dan di jadikan sebagai hari libur nasional. untuk tahun ini merupahkan tanggal merah pertama tersebut sebagai peringatan hari lahirnya pancasila.

"Untuk tahun ini kita akan merayakan hari lahirnya Pancasila, ini adalah hari lahir yang ke 72, hal ini sama dengan kemerdekaan kita . ini untuk yang pertama kali kita peringati, untuk saat ini  kita peringati, karena keppres baru terbit tahun yang lalu" ungkap kata mentri sekertaris negara Praktino saat di temui di kompleks istana kepresidenan, Jakarta, selasa (30/05/2017).

Praktino menyatakan penetapan dari 1 juni sebagai hari  lahirnya pancasila dan kita jadikan sebagai hari libur nasional, semua itu dilakukan melalui keputusan dari Presiden yang langsung ditanda tangani oleh presiden joko widodo.

"jadi nanti kita akan menyelenggarakan upacara seperti dalam keppres, itu adalah menyelengarakan upacara secara nasional dan seluruh inspektur dari upacara akan membacakan sambutan dari Presiden dan kita sendiri" ungkap dari Praktikno.

Untuk tahun ini ujar Praktikno, presiden joko widodo memperingati hari lahirnya pancasila dengan melakukan upacara di gedung pancasila, jakarta.

"Pak presiden ada upacara di jakarta di halaman gedung pancasila. jadi kita harus mempersiapkan, undangan dari berbagai pihak ya. walau pun space tidak  sebesar di halaman istana merdeka, tapi disitu sudah cukup adalah  300 perserta lebih pada upacara nanti" ujar daripraktino

 Untuk Praktino mengatakan pemerintah sendiri telah menyiapkan sebuah pekan khusus untuk perayaan hari lahir pancasila, yang diberi nama " pekan Pancasila" kegiatan ini akan berlangsung pada 29 mei -4 juni 2017.

" selama seminggu ini menyelengarakan berbagai kegiatan, mulai dari kementrian Agama ,kementrian pendidikan dan kebudayaan,  kementrian riset dan dikti. juga yang lain, kominfo, kementrian desa, kementrian dalam negri, itu semua melakukan kegiatan kegiatan untuk kembali meneguhkan komitmen dan pengalaman dari pancasila. jadi ini juga momentum bagi kita semua di bulan yang ramadhan yang diisi dengan semangat dari pancasila, UUD dalam bingkai kebhinekaan tunga ika upacara pada 1 juni " ujar dari Praktino.

Praktino juga menjelaskan bahwa penetapan hari lahir pancasila melalui keppres tersebut diras sudah tepat. tujuannya mengkukuhkan lagi semangat pancasila dalam jati diri bangsa negara kita.


No comments