berita informasi 'berita informasi|berita lucu|berita mendidik |berita inspiransi|berita bola'

Header Ads

Berita informasi - Keluar - Masuk dari Malaysia lewat PLBN Entikong Yang Jadi kebanggaan Jokowi

Berita Informasi - Pos Lintas Batas Negara yang terpadu  Entikong berdiri dengan megah tersebut menjadi bangunan yang di banggakan oleh Presiden RI Jokowi . Bangunan tersebut sebagai beranda terdepan Indonesia  di hadapan dari Malaysia. Untuk Bangunan sekeren ini , sebenarnya Bagaimana cara untuk keluar masuk ke Malaysia?

Sebenarnya untuk caranya cukup intuitif, tidak di perlukannya kepintaran mengenai persoalan imigrasi atau juga Kepabeanan untuk melintas, hal ini tinggal mengikuti Prosedur saja. akan tetapi untuk pemahaman pelayanan Dari PLBN yang terletak di daerah ujung di kabupaten Sanggau  di daerah kalimantan barat sedang beranjak ramai.

Untuk bagian dari depan  dari gedung PLBN terdapat banyaknya ormanen ormanen  dayak, adanya monumen garuda  yang jadi tempat favorit dari masyarakat sini untuk bisa terus berfoto. walau pun PLBN, akan tetapi bisa juga menjadi sebuah objek tempat untuk berwisata.

"Pengunjung yang berwisata itu kebanyakan biasanya berfoto , rata rata pengujung berasal dari Pontianak, dan juga dari Malaysia yang juga mengambil Foto untuk disini" kata dari kordinator dari Lapangan PLBN Entikong, Alpian, Di dekat dari tugu untuk berupa Taman , Pilar , dan patung Garuda Pancasila tersebut .

Kami mulai berjalan dari  Pintu keberangkatan dari  Indonesia Ke Malaysia Melalui PLBN 80.003 meter persegi ini . Bangunannya Berdinding keramik  Hitam bersih yang dilengkapi dengan pintu kaca yang bergagang Alumunium.

Untuk Masyarakat yang telah mengendarai mobil dan juga hendak menyebrang ke Perbatasan Malaysia, maka Sopir tidak perlu untuk  turun menjalani  pemeriksaan di dalam ,  untuk sopir Mobil akan diperiksa kelengkapan imigrasinya di perlintasan Luar dari bangunan, namun untuk penumpang Mobil Berserta dengan barang Bawaan Pribadinya harus di turunkan Melintasi  bagian dari dalam Gedung utama, yakni dengan bagian layanan keberangkatan.

Gerbang dari Detektor Logam mengawali pemeriksaan  orang yang mengawali pemeriksaan orang  orang di dalam  bangunan. untuk penyejuk ruangan juga berkerja dengan baik , terdapat  banyaknya kursi  yang memiliki ormanen logam dengan  motif dari ukiran  dayak  , untuk ormanen ini juga  menempel di pilar pilar dalam . Terdapat dua orang yang bertindak untuk pengecekan  awal . Paspor atau pass lintas Batas (PLB) di periksa oleh petugas itu.

Untuk Pemeriksaan dari kesehatan dengan terhadap  Pelintas dari Batas juga di layani di sini, bila sedang musim wabah , yang memisalkan Flu Burung, Zika, atau Mers CoV, Maka untuk pemeriksaan  kesehatan ini bakal di fungsikan untuk calon pelintas batas  Malaysia Indonesia, untuk alat pendeteksi suhu bisa sanggat banyak dalam membantu  pekerjaan dari petugas.

"Untuk suhu tubuh yang telah melebihi dari 38 derajat atau pun 40 derajat, maka akan di tindak lanjuti untuk di ruang isolasi" ujar dari  bagian staff seksi  pengendalian  resiko untuk lingkungan kantor  kesehatan pelabuhan.

pada bagiaan dari isolasi, tersebut terdapat banyaknya kasur dan ranjang untuk para wisatawan yang telah di deteksi terkena penyakit bahaya. selain itu terdapat juga karantina untuk para hewan atau tumbuhan yang dibawa oleh para pelintas  batas . hewan seperti kucing atau pun anjing perlu adanya  surat kelengkapan dari  pihak malaysia agar bisa di bawa masuk ke indonesia. bila untuk hewan tersebut tidak terdapat surat untuk kelengkapannya maka akan dibawa balik ke malaysia oleh pemiliknya,  Untuk PLBN juga di lengkapi dengan Ruang Detensi  untuk para pelintas batas Negara yang ilegal telah di lengkapi Jeruji besi.

Namun untuk  jalur lintas barang , hanya barang barang pribadi saja yang  akan di periksa dengan melalui pemindaian. untuk barang barang bawaan  dalam sebuah jumlah yang besar dari negara indonesia yang akan berangkat ke indonesia, maka untuk pemeriksaannya akan  dilakukan oleh pihak dari malaysia di daerah teritorial Malaysia.

Begitu pula dengan  barang barang bawaan yang berasal dari Malaysia yang masuk ke negara indonesia melalui PLBN tersebut tidak diperiksa oleh pihak malaysia akan tetapi di periksa oleh pihak indonesia Di PLBN Entikong.

Sedangkan untuk barang  barang yang di bawa oleh Bus Lintas negara, maka barang barang yang di bawa tersebut harus di turunkan terlebih dahulu  dengan melewati pemindai  barang yang terlebih dahulu. kepala subseksi penindakan Bea Cukai  PLBN Entikong , Raditya Ishak, yang meninjau Bus Damri Angkutan Antar Lintas  Batas yang  datang ke Indonesia, oleh para penumpang pun terus di periksa mengenai kelengkapan suratnya di PLBN.

Untuk semua fasilitas tersebut tidak di punggut biaya, bila adanya di kenai biaya maka hal tersebut adalah pemunggutan liar, Mengenai layanan untuk kedatangan dari Malaysia menuju indonesia, dilakukannya penelaan  dari keimigrasian dari PLBN entinong, Jan Peterson, telah menjelaskan sebuah pemeriksaan juga akan di lakukan di konter. namun kadang kala ada pelintas yang lupa untuk meminta cap keluar kepada petugas yang ada di malaysia , bila hal ini terjadi maka  petugas dari imigrasi indonesia akan mempersilahkan orang tersebut untuk kembali ke daerah Loket imigrasi indonesia  untuk meminta  di cap keluar.

Untuk PLBN Entikong benar benar dimanfaatkan oleh banyak orang , Aktivitas  yang di sini cukup ramai . Arus dari  keberangkatan warga negara Indonesia ke malaysia cenderung lebih banyak dibandingkan dengan  yang datang dari Malaysia ke Indonesia.

"Untuk total arus  dari kedatangan dan keberangkatan  orang yang di  PLBN Entikong ini biasanya 1300 orang per hari, untuk kemarin ini , Arus dari Pasca lebaran mencapai 1800 orang biasanya lebih banyak  yang berangkat" ujar dari jan Peterson.

Dirinya menjelaskan orang indonesia yang berangkat ke malaysia biasanya  dalam rangka berkerja, dan ada juga yang sedang  sekedar untuk melakukan liburan ke daerah kuching, ibu kota di serawak, dan sebagiannya untuk bisa  ke malaysia untuk sekedar berobat di sarawak  ada normah Medical Centre , timberland medical Center dan sarawak General hospital .

Raditya Ishak  turut menyatakan perbatasan darat seperti ini menang telah sering menjadi medan percobaan untuk para penyelundup, mereka bahkan secara nekad menyelundupkan narkoba walaupun sudah ada penjagaan yang ketat.

" Beberapa kali telah kami  temukan sebuah usaha penyelundupan  narkoba dari Malaysia yang hendak masuk ke indonesia" ujar dari Ishak.

Bulan  Maret Kemarin  ujar dari dirinya , ada sekitar 11 kilo methamphetamine atau sabu sabu yang telah berhasil di gagalkan untuk masuk ke Indonesia di PLBN tersebut , untuk Pelintas Batas yang berasal dari Malaysia yang membawa barang barang yang terlarang tersebut sudah terlebih dahulu di curigai.

"Para penyelundup memetakan area ini , titik mana saja yang bisa mempermuda mereka untuk melakukan penyelundupan" ujar dari Ishak.

Sampai pada bulan juli ini sudah sekitar 15 kilo sabu yang telah di gagalkan masuk ke Indonesia, untuk tahun 2016 kemarin sudah ada 30 kilo sabu yang telah diamankan  dari Pelintas Batas Negara.

Dengan saking nekatnya usaha dari penyelundupan, mereka bahkan dengan berani  untuk memasukan narkoba melewati  pemindaian barang  bawang pribadi, untuk kejadian seperti tersebut telah di temui petugas pada tahun 2017 ini.

"Mereka  yang membawa  narkotika  dalam jumlah yang kecil dibawa dalam tas jinjing. kita juga berhasil mengagalkan usaha penyelundupan dari Happy Five dan juga serbuk yang di duga sebagai kokain , lewat X-Ray ini " ujar ishak.





No comments