berita informasi 'berita informasi|berita lucu|berita mendidik |berita inspiransi|berita bola'

Header Ads

Berita Informasi - Simpang Susun Semanggi Siap Sokong Asian Games ke 18

Berita Informasi  - Simpang Susun Semanggi Siap Sokong Asian Games ke 18
Berita Informasi  - Jembatan Simpang Susun Semanggi  yang telah menjadi Proyek dari Mantan gubernur DKI Jakarta Non aktif ,Basuki Tjahaja Purmana yang diresmikan oleh Presiden Jokowi  pada  17 agustus 2017. pembangunan  Simpang Susun semangi merupahkan bagian dari sebuah Infrastruktur untuk mendudukung pesta olah raga Asian games ke 18 yang akan di selenggarakan pada tahun 2018.

Menteri PUPR bapak Basuki Hadimuljono turut menjelaskan Proyek Pengembangan dari Simpang Susun semanggi yang di inisiasi oleh pemerintah daerah di kota jakarta dengan kontraktor dari PT. Wijaya Karya (persero) Tbk.

Jembatan Simpang Susun Semanggi  tersebut terbagi menjadi 2 bagian ramp,  simpang Ramp yang pertama bagi kendaraan yang berasal dari  arah Grogol yang langsung mengarah ke daerah Blok M tidak perlu untuk melakukan belokan ke kolong Semanggi akan tetapi bisa langsung naik ke Simpang Susun Semanggi  yang mengarah ke Blok M.

Kedua Bagi  kendaraan dari arah Cawang menuju daerah  Thamrin tidak perlu melakukan belokan untuk melewati kolong karena bisa langsung naik ke  Ramp 2 Simpang Susun yang mengarah ke Thamrin.

Dengan adanya pembagian rute, bisa  diharapkan  tidak akan terjadi lagi pertemuan antara  Pengemudi dari jalan Gatot Subroto dengan  pengemudi dari Jalan Jendral sudirman tidak terjadi di kolong Jembatan yang sering membuat arus lalu lintas menjadi tersedak . untuk panjang dari Ramp yang pertama adalah  796 meter dan untuk  panjang di ramp ke2 adalah 826 meter.

" semoga untuk kedua  Jembatan tersebut dapat mengurai kecamacetan yang berada di jantung ibu kota jakarta" tutur mentri  Basuki yang telah tercantum dalam keterangan yang tertutlis.

Untuk rekomendasi dari jembatan yang dikeluarkan setelah melalui uji beban statistik  dan dinamik yang menunjukan struktur dari  dalam stabilitas yang baik dalam penuhi Deflesi yang telah di izinkan. uji beban statik dilakukan dengan mengunakan 16  truk  yang mempunyai  berat kurang lebih 50 ton dari ketinggian 30 cm. lalu diamati juga untuk strukturnya.

Seperti yang telah di ketahui , untuk jembatan  Susun semanggi tersebut  mempunyai  nilai sejarah yang tinggi bagi bangsa  indonesia. Di gagas oleh presiden RI soekarno Hatta , jembatan semanggi di rancang oleh  Ir. Sutami yang menjadi  Mentri Pekerjaan Umum  pada saat itu , mempunyai pandangan filosofi sebagai sebuah simbol persatuan.

Presiden Soekarno menyamakan dengan fungsi “Suh” (pengikat sapu lidi-bahasa Jawa) yang menyatukan batang-batang lidi menjadi sapu yang kokoh dan kuat.

Jembatan Semanggi merupakan bagian dari infrastruktur yang dibangun Pemerintah untuk mendukung perhelatan Asian Games tahun 1962.

Kini jembatan tersebut mengalami penambahan berupa pembangunan Simpang Susun Semanggi yang juga merupakan bagian dari infrastruktur pesta olah raga Asia Tenggara yakni Asian Games ke-18 yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2018.

Infrastruktur lain yang juga tengah dibangun adalah rekonstruksi 14 venue olahraga termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno oleh Kementerian PUPR.

No comments