berita informasi 'berita informasi|berita lucu|berita mendidik |berita inspiransi|berita bola'

Header Ads

Berita Informasi - Jokowi Targetkan Jalan Tol Balsam akan siap Rampung Pada Bulan desember 2018

Berita Informasi - Jokowi Targetkan Jalan Tol Balsam akan siap Rampung Pada Bulan desember 2018
Berita Informasi - President Jokowii telah menargetkan sebuah pembangunan jalan Tol balik Papan -Samarinda (Balsam) yang mempunyai rute sepanjang 98.5 Km akan dijadwalkan selesai pada  bulan desember 2018. dengan adanya rute Jalan tol tersebut akan mempersingkat waktu  tempuh dari Balik Papan Ke samarinda dari awalnya menerlukan waktu 3 jam menjadi 1 jam saja.

"Untuk Proses Konstruksinya  telah mencapai  25 Persen sedangkan untuk pembebasan lahannya telah mencapai  92 persen. jadi untuk saat ini kita harapkan setelah nanti sampai ke kota samarinda  akan diteruskan lagi hingga mencapai kota bontang" ujar dari Presiden Joko widodo saat meninjau tol Balsam di km 13. di kecamatan Balik papan selatan, kota balik papan.

Yang turut untuk mendampingi  President Joko Widodo adalah Mentri Sekretaris Negara Praktino, Mentri BUMN Rini Soemarno, Gubenur dari Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, dan juga kepala  dari balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN)XII Balikpapan Timbul Manahan Pasaribu.

Pembangunan dari Tol Balsam dengan mempunyai nilai investasi sebesar 9.97 triliun tersebut dilakukan oleh pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT. Jasa marga Balikpapan-samarinda dengan mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi. Pembangunan tersebut dikabarkan dibagi dalam 5 seksi.

Untuk sesi pertama  memiliki ruas 13 km dari balikpapan ke samboja (21.9km) , dan sesi kedua dimulai dari samboja - Muara Jawa (30.9 Km) seksi 3 dari muara jawa sampai ke Palaran ( 17.3 km) dari seksi ke 4 dimulai dari Palaran sampai kepada Jembatan Mahkota (17.5km) dan untuk sesi ke 5 dari Balik papan sampai ke sepinggan (10.9km).

Dari 5 bagian seksi tersebut , Kementrian PUPR dan juga Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan  dukungan untuk pembangunan konstruksi  untuk tahapan seksi 1 dan seksi 5 agar proyek jalanan tersebut  layak secara finansial. sedangkan untuk seksi 2, seksi 3 dan seksi 4  menjadi tanggung jawab dari PT. Jasa Marga  Balik papan-samarinda.

Pembangunan untuk seksi 1 tersebut  mengunakan banyak anggaran  pendapatan dan Belanja dari daerah (APBD) dari provinsi kalimantan timur sebesar Rp 1.5 Trilliun dan APBN sebesar 271 Miliar, dimana Dana sebesar 79.881 Milliar akan  dialokasikan untuk pembangunan  Jembatan Manggar . secara keseluruhan untuk Progres dari Fisik Seksi 1 mencapai 62.5 %. sementar Jembatan Manggar yang masuk dalam kategori Seksi 1 tersebut  telah mencapai 78 % . dimana jembatan yang memiliki panjang 618 meter tersebut akan ditargetkan selesai pada bulan desember 2017.

Sedangkan Untuk Pembangunan seksi ke 5 akan didanai oleh APBN namun kali ini menjadi pinjaman dari pemerintah china  dengan jumlah sebesar 848,55 Miliar. untuk saat ini Progres fisiknya telah mencapai 8.5% dan pembebasan Lahan yang mencapai 72.6%.

Progres Konstruksi untuk seksi 2, seksi 3 dan seksi 4, masing masing yakni dengan 13.9%  untuk seksi 2 ,  untuk seksi ke 3 mencapai 25.65% dan seksi ke 4 mencapai 6.9% secara keseluruhan  kepala dari BPJN XII dan kementrian PUPR Timbul Manahan Pasaribu mengatakan bahwa seluruh jajaranya bersama dengan pihak BUJT, Kontraktor dan Konsultan pengawas, menyatakan siap untuk berkerja dengan keras untuk penuhi target dari Presiden Jokowi  untuk menyelesaikan Tol Balsam Pada Akhir tahun  2018 yang akan datang




No comments